Thursday, October 22, 2009

MEMUDAKAN INDONESIA




Kenanglah Soekarno, ia mendirikan dan memimpin Partai Nasional Indonesia pada usia 26 tahun. Kenanglah Sjahrir, ia memimpin Pendidikan Nasional Indonesia pada usia 22 tahun. Kenanglah Mohammad Roem, ia telah menjadi ketua Lajnah Tandfiziyah Barisan Penyadar PSII pada usia 29 tahun. Kenanglah Tan Malaka ia telah menjadi pemimpin Partai Komunis pada usia 24 tahun. DN Aidit memimpin CC PKI juga usia 24 tahun.
Bandingkan dengan usia para pemimpin politik Indonesia saat ini. Besok pada PEMILU 2009, usia eS BeYe sudah 60 tahun, Jus Kalla 67 tahun, Megawati 62 tahun, Gus Dur 69 tahun, Amin Rais kalau mau maju lagi sudah 65 tahun, Akbar Tanjung 64 tahun, Wiranto 62 tahun, Sutiyoso 65 tahun, Sultan HB X sudah 63 tahun.
Indonesia sekarang telah kehilangan elan vital daya muda. Padahal Indonesia tanpa jiwa muda (kebaruan-kemajuan) dan kepemimpinan pemuda adalah Indonesia yang menyangkali jati dirinya.
Kehendak membangun daya saing bangsa menuntut kita untuk memudakan kembali Indonesia. Akselerasi alih kepemimpinan nasional di segala bidang menjadi tuntutan..begitu kata Bung Yudi Latif. Mereka yang berani mengemban visi perubahan lebih mungkin tumbuh dari mereka yang tidak terlalu digayuti beban masa lalu.
Meminjam pandangan Hatta, Generasi baru kaum terdidik, dengan kemampuannya untuk membebaskan diri dari hipnosa kolonial, lebih mungkin mengambil inisiatif untuk membangkitkan kekuatan rakyat dan menyediakan basis teoretis bagi aksi-aksi kolektif. Siapa bilang kita krisis pemimpin muda yang berkualitas. Sebutlah: Yudhi Krisnandhi, Adyaksa Dault, Fahri Hamzah, Drajat Wibowo, Muhaimin Iskandar, Anas Urbaningrum, Budiman Sujatmiko, Andi Rahmat, Dita Indah, Anis Baswedan, Supriyatno, Yudhi Latif, Sandiaga Uno, dan masih banyak lagi. Kita sesungguhnya tidak krisis pemimpin…Saya yakin mereka punya kapasitas, energik dan lebih bisa diharapkan.


Yang Muda yang Di Percaya.

1 comment:

Saladin Siregar said...

abang "gie" dan bapak "habibie" merupakan motivator say dalam berkarya dalam Aeroexpo ITB 2010..

semangat kawan!!!!